Hormati dan perlakukan setiap pelanggan seperti
seorang raja. Penjual harus menyediakan diri membantu dan melayani pelanggan
tanpa merasa jemu dan mengeluh. Layanilah pelanggan seperti yang ia harapkan sehingga
merasa puas.
Di bawah ini dikemukakan 11 pernyataan yang harus
dipelajari oleh penjual dalam prinsip the customer is king,yaitu:
1. Pembeli adalah orang penting dalam dunia usaha
2. Pembeli tidak tergantung pada Kita, justru kita
tergantung padanya
3. Pembeli bukan pengganggu terhadap pekerjaan kita,
tetapi sebaliknya sebagai tujuan usaha.
4. Pembeli berbuat kepada Kita sebagai suatu hal yang
menyenangkan, janganlah kita berbuat sesuatu yang tidak menyenangkan.
5. Pembeli adalah sebagian dari usaha dan kegiatan
kita
6. Pembeli bukanlah sebuah benda yang beku, melainkan
seorang manusia berdarah daging dengan perasaan dan emosinya, seperti kita
sendiri.
7. Pembeli bukanlah lawan berdebat, tepti8a
kawan-kawan yang bersahabat.
8. Pembeli seorang yang membawa kebutuhan kepada kita
dan merupakan pekerjaan kita untuk memenuhinya.
9. Pembeli adalah orang yang harus dilayani dan
dimengerti dengan penuh perhatian
10. Pembeli adalah orang yang memungkinkan membuat
keuntungan bagi pendapatan kita
11. Pembeli adalah jiwa penghidupan bagi dunia usaha
Argumen-argumen tersebut dapat dipakai sebagai
pegangan bagi penjual dalam menghadapi pembelinya dengan sebaik-baiknya, tidak
ada salahnya apabila kita dapat menghafal nama-nama para langganan kita.
Tentu pula kita harus dapat membedakan
langganan-langganan itu berdasarkan lamanya ia berhubungan dengan Kita, banyak
sedikitnya ia membeli, pembayaran cash atau kredit, sehingga Kita tidak dapat
melupakan jasa-jasa mereka terhadap usaha yang kita jalankan.
Tidak ada salahnya pula untuk memberikan perhatian
kita pada para langganan dengan membedakan berbagai kelas-kelas pembeli, kita
dapat membedakan menjadi 3 kelas, yaitu :
1. Langganan kelas satu yaitu mereka yang selalu
berbelanja pada toko kita.
2. Langganan kelas dua, dimana merek yaitu berbelanja
sewaktu-waktu ke toko kita, tetapi di lain waktu ke toko lain.
3. Langganan kelas tiga, yaitu mereka yang berbelanja
pada toko Kita sewaktu-waktu, sedangkan toko langganannya tidak ada atau mereka
yang berbelanja karena hanya kebetulan saja masuk ke toko kita.
Berdasarkan pengamatan tersebut, penjualan harus lebih
berhati-hati dalam memberikan servisnya, bilamana perlu memberikan korting maka
berikanlah, atau hadiah-hadiah yang dapat lebih mengikat sehingga ia menjadi
langganan yang setia.
Sifat-sifat Penjual yang Disenangi Pembeli
Para penjual perlu memiliki sifat-sifat yang baik.
Sifat-sifat penjual yang baik menurut pembeli ialah :
1. Jujur dalam informasi
2. pengetahuan yang baik tentang barang
3. Tahu kebutuhan konsumen
4. pribadi yang menarik
Empat sifat di atas adalah sifat-sifat yang pokok
saja. Di samping itu masih banyak sifat lain yang dituntut oleh pembeli,
seperti cepat dan terampil dalam melayani, informatif, bersahabat, tidak
memperlihatkan rasa kesal, sabar.
Sumber :Buchari Alma (2011). Kewirausahaan. CV Alfabeta : Bandung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar